Apa itu anchor text?

Anchor text adalah teks tautan yang dapat diklik, biasanya digarisbawahi dan berwarna biru. Pada halaman, tampilannya seperti ini:

anchor text pada halaman

Dalam kode sumber, itu tercermin dengan cara berikut:

anchor text dalam kode sumber

Apakah anchor text penting untuk SEO?

SEO sangat menyadari pentingnya tautan internal dan eksternal. Tapi bagaimana dengan teks yang mereka bungkus? Apakah Anda bahkan perlu mempedulikannya? Jawabannya tentu iya.

Anchor text adalah faktor peringkat - itu memang memainkan peran dalam SEO dengan memberikan informasi tambahan tentang halaman yang ditautkan. Jadi, ini adalah sinyal relevansi yang kuat. Itu berarti berpotensi mempengaruhi peringkat halaman.

Dokumentasi awal Google (paragraf 2.2) memberi tahu kita dengan tepat tentang hal itu. Plus, beberapa tweet John Mueller juga mendukung pernyataan tersebut:

John Mueller pada anchor text

Namun, studi kasus kehidupan nyata dapat menjadi bukti tambahan dari pernyataan Google. Misalnya, Edge of the Web berhasil meningkatkan jumlah pengguna di blog klien sebesar 88% dan salah satu halaman utama dalam bagian itu mendapat lebih dari 500% lebih banyak tampilan halaman hanya dengan memperbarui anchor text.

Hal berikutnya yang sangat mempengaruhi anchor text adalah tampilan pencarian situs. Menurut Google, anchor text adalah salah satu cara mereka membuat tautan judul di SERP.

Selain itu, SEO sering mengamati bahwa anchor text yang ditambahkan dengan benar juga dapat membantu mendapatkan cuplikan unggulan dan hasil yang kaya pada SERP. Berikut adalah apa yang dikatakan dokumentasi Pusat Pencarian Google tentang pengoptimalan anchor text sebagai salah satu cara untuk mendapatkan tautan situs:

kutipan tentang stelink dari dokumentasi Google

Informasi yang sama dinyatakan dalam salah satu paten Google dan dijelaskan oleh Bill Slawski sejak lama.

Selain tampilan dan peringkat SERP, anchor text juga membentuk pengalaman pengguna. Ini membantu menavigasi halaman, memahami tentang apa halaman yang ditautkan, dan meningkatkan aksesibilitas konten bagi pengguna dengan pembaca layar.

Dan akhirnya, tautan yang relevan dan Anchornya membuat pengguna tetap berada di situs lebih lama dan membantu mengurangi rasio pentalan jika digunakan dengan benar. Tautan yang relevan dengan anchor text yang jelas dan menarik di halaman Anda mendorong kepercayaan diri untuk mengklik. Dengan kata lain, anchor text mendorong pengguna untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

Tipe anchor text

Ada banyak jenis anchor text yang dapat Anda gunakan. Beberapa dari mereka lebih ramah SEO daripada yang lain, jadi pastikan Anda meneliti jenis anchor text berikut:

  • Generik: Сlick di sini, ini, tautan resmi, info lebih lanjut - ini semua adalah kata-kata umum yang tidak menggambarkan halaman yang ditautkan. Contoh: SEO teknis itu penting, baca lebih lanjut di sini.
  • Pencocokan persis: Itu adalah anchor text yang persis cocok dengan kata kunci target Anda. Contoh: SEO YouTube diperlukan untuk membawa video Anda ke puncak.
  • Partial-match atau phrase-match: Itu adalah anchor text yang menyertakan kata lain selain kata kunci. Contoh: SEO untuk mesin pencari seperti Bing sedikit berbeda dari untuk Google (di mana seo untuk bing adalah kata kunci).
  • Kontekstual: Itu bukan Anchor yang berfokus pada kata kunci, itu terkait dengan konteksnya (mudah dibedakan – bahkan jika Anda menghapus tautannya, esensinya tidak akan berubah). Contoh: Jika Anda melihat beberapa halaman berkinerja buruk, pertimbangkan untuk mengikuti aturan dasar pengoptimalan halaman landing.
  • Judul halaman: Itulah situasi ketika judul lengkap halaman digunakan sebagai Anchor. Ini sering digunakan untuk menyediakan bacaan tambahan, sumber daya terkait, dll. Contoh: Berikut adalah artikel kami tentang 8 HTML Tag Penting untuk SEO.
  • Bermerek: Dalam hal ini, nama merek digunakan sebagai Anchor. Contoh: Gunakan alat SEO PowerSuite untuk audit dan penelitian SEO yang canggih.
  • Ajakan bertindak: Saat itulah CTA digunakan sebagai Anchor. Contoh: Unduh auditor situs web sekarang.
  • Tautan telanjang: Dalam hal ini, anchor text adalah tautan itu sendiri. Contoh: Jika Anda membutuhkan alat SEO yang akurat, buka link-assisatant.com.
  • Gambar: Secara formal, ini bukan teks tetapi teks alt gambar yang berfungsi sebagai Anchor.

Ada juga jenis anchor text SEO topi hitam. Anda tidak boleh menggunakannya tetapi harus menyadari:

  • Tidak terkait: Itulah situasi ketika konteks anchor text tidak berkorelasi dengan halaman yang ditautkan.
  • Tautan tersembunyi: Ini adalah teks tautan yang hanya terlihat oleh mesin pencari. Ini dianggap sebagai praktik manipulatif - situs Anda mungkin dihukum karena tautan tersembunyi.

Strategi anchor text yang optimal

Dalam jam kerja SEO baru-baru ini, penulis teknis Google Lizzi Sassman telah berkomentar bahwa "di sini" masih merupakan teks tautan yang buruk. Tetapi apa persyaratan lain agar anchor text menjadi seo-efektif kecuali tidak berada di sini?

Jadikan anchor text Anda deskriptif

Karena anchor text diperlakukan seperti sinyal relevansi, itu harus relevan dan deskriptif mungkin. Dari anchor text Anda, harus sangat jelas tentang apa halaman yang ditautkan itu.

Inilah yang dikatakan Google dalam Panduan Pemula SEO-nya:

Google pada anchor text

Menggunakan teks yang di luar topik atau tidak ada hubungannya dengan konten halaman yang ditautkan.

Menggunakan URL halaman sebagai anchor text dalam banyak kasus, meskipun tentu saja ada penggunaan yang sah dari ini, seperti mempromosikan atau merujuk alamat situs web baru."

Jangan memasukkan anchor text dengan kata kunci

Optimasi berlebihan selalu merupakan praktik yang buruk. anchor text yang diisi kata kunci terlihat tidak menarik bagi pengguna dan mencurigakan bagi mesin pencari.

Menggunakan kata kunci, baik itu pencocokan persis atau pencocokan parsial, hanya bermanfaat sampai mulai terlihat tidak wajar atau tidak pada tempatnya.

Jadikan lebih menarik

Anchor yang membosankan tidak akan banyak membantu. Apa gunanya membuat tautan jika tidak ada yang mau mengkliknya?

Untuk alasan itu, tautan telanjang dan anchor text generik harus diminimalkan. Sebaliknya, cobalah untuk membuatnya lebih menarik:

MenghindariLakukan sebagai gantinya
Jika Anda memerlukan detail lebih lanjut tentang audit SEO, klik di sini.Baca terus untuk detail lebih lanjut tentang audit SEO dan bagaimana alat SEO PowerSuite dapat membantu.

Diversifikasi Anchor 

Cukup lama yang lalu, Matt Cutts dari Google meyakinkan kami bahwa beberapa tautan internal dengan anchor text yang sama tidak akan merusak peringkat situs. Namun, dia kemudian menambahkan bahwa itu hanya benar sampai titik tertentu ketika kami membuat tautan internal alami untuk pengalaman pengguna yang lebih baik, sebagai bagian dari navigasi situs dan remah roti

Namun, terlalu banyak tautan Anchor yang sama mungkin terlihat tidak wajar dan berisi spam. Di situlah Anda mungkin merasa algoritme anti-spam Google bekerja melawan Anda.

Aturan keragaman berlaku baik untuk menghubungkan internal dan membangun tautan. Untuk mendukung pernyataan tersebut, berikut adalah beberapa kasus yang aneh:

  • Zyppy baru-baru ini menjalankan studi korelasi dari 23 juta tautan internal untuk sampai pada kesimpulan berikut: semakin tinggi jumlah variasi anchor text yang masuk, semakin tinggi jumlah klik pencarian Google.
  • Authority Hacker menggunakan pendekatan yang sama sekali berbeda dan menganalisis kumpulan data 100.000 URL, peringkat di 20 teratas untuk kata kunci yang berbeda. Meskipun demikian, hasil mereka masih mirip dengan Zappy: semakin tinggi peringkatnya, semakin unik Anchor backlink yang ditampilkan halaman. Ini cukup dapat diprediksi - jika Anda memiliki lebih banyak backlink, Anda harus mendapatkan lebih banyak variasi Anchor sebagai akibatnya.

Tetapi bagaimana Anda mendiversifikasi anchor text Anda? Anda dapat memilih cara:

a) Anda dapat tetap berpegang pada persentase "siap pakai" tertentu dari jenis anchor text. Misalnya, Nathan Gotch menyarankan untuk mengikuti aturan yang sangat spesifik:

  • 70% - anchor text bermerek
  • 20% – tautan telanjang
  • 5% – anchor text generik
  • <5% – anchor text pencocokan parsial
  • <1% – kecocokan persis

Namun, saya berani mengatakan skema yang sudah jadi ini tidak akan menjanjikan itu akan berhasil untuk situs Anda.

b) Anda dapat membuat model distribusi jangkar Anda sendiri melalui rekayasa balik. Untuk itu, Anda perlu menganalisis keragaman anchor text dari pesaing SERP Anda.

Pertama, Anda perlu mencari kata kunci target Anda dan memeriksa 2-3 hasil pertama (atau lebih jika Anda mau). Lalu pergi ke SEO SpyGlass, buat proyek untuk pesaing pertama Anda dan pergi ke Backlink Profile > Anchor Texts:

memeriksa keragaman anchor text di SEO SpyGlass

Anda akan melihat keragaman anchor text keseluruhan domain dan daftar semua anchor text dan jumlah tautan balik dengan masing-masing.

Kemudian Anda perlu memfilter Anchor bermerek, pencocokan persis, generik, dll., Dan memeriksa berapa banyak backlink dari setiap jenis yang mereka miliki. Selanjutnya, hitung persentase dari jumlah keseluruhan backlink.

Lakukan itu untuk setiap pesaing dan kemudian hitung rata-rata.

Memeriksa devirsety kata kunci pesaing

Itulah rentang keragaman Anchor ballpark Anda.

c) Anda dapat mendiversifikasi Anchor berdasarkan kebutuhan bisnis Anda secara keseluruhan. Jadi, jika situs Anda agak baru atau tidak terkenal, dan tujuan Anda adalah menumbuhkan audiens Anda, Anda bisa mulai dengan membawa lalu lintas pencarian non-merek ke situs web Anda. Jadi, fokuslah pada anchor text non-merek yang persis sama dan cocok sebagian.

Dan jika Anda mencoba membangun kesadaran merek, Anda dapat menempatkan taruhan pada anchor text [nama merek + kata kunci yang sama persis].

Perhatikan teks di sekitarnya

Teks di sekitarnya (atau teks anotasi) mungkin sama pentingnya dengan anchor text. Mengapa saya menggunakan "mungkin?" Masalahnya adalah bahwa ada paten Google yang mengatakan bahwa teks dalam jarak tertentu dari anchor text diindeks untuk lebih memahami arti dari halaman yang ditautkan.

Namun, jika Anda menggunakan banyak Anchor generik, bukan deskriptif, lebih baik memastikan teks di sekitarnya menyediakan konteks itu untuk mesin pencari. Idealnya, teks anotasi Anda harus berisi kata kunci target.

Ingat tentang prioritas tautan pertama

Ada pendapat di komunitas SEO bahwa jika Anda memiliki dua tautan pada halaman yang menautkan ke sumber daya yang sama, hanya yang pertama yang diperhitungkan untuk mesin pencari. Jadi, jika Anda ingin halaman diberi peringkat untuk kata kunci tertentu, Anda harus menggunakannya sebagai Anchor di tautan pertama.

Ini tidak 100% benar, tetapi masuk akal untuk bereksperimen dan melihat sendiri.

Audit anchor text backlink Anda

Anda perlu secara teratur mengaudit backlink Anda dan anchor text mereka untuk memastikan bahwa profil backlink situs Anda sehat. Banyak anchor text dengan kata kunci yang sama atau spam mungkin merupakan sinyal SEO negatif. Cara termudah dan paling tidak memakan waktu untuk melakukannya adalah dengan SEO SpyGlass.

Pertama, luncurkan aplikasi dan buka Backlink Profile > Anchor Texts. Pindai daftar anchor text untuk beberapa anchor text yang tidak relevan, aneh, kosong serta yang digunakan di terlalu banyak tautan balik.

daftar anchor text

Misalnya, dalam proyek saya untuk SEO PowerSuite, saya menemukan anchor text "tonton film epik online" yang jelas tidak ada hubungannya dengan alat kami. Jadi, saya menganalisis apakah saya harus mempertimbangkan untuk menolak backlink ini dengan melihat jumlah backlink dan domain perujuk. Dalam kasus saya, saya memilih untuk tidak terlalu repot tentang backlink ini karena hanya ada 3 di antaranya, yang tidak mungkin menyebabkan masalah peringkat atau tindakan manual dari Google.

Menemukan anchor text  yang buruk

Mengaudit anchor text internal Anda

Meskipun Anda memiliki kendali penuh atas Anchor  yang Anda gunakan di situs Anda, masih ada baiknya melakukan audit tautan internal sesekali. Anda mungkin melihat beberapa anchor text tanpa Anchor, non-deskriptif, atau tidak terkait, segera perbaiki masalahnya, dan lihat hasil yang positif.

Kali ini, Anda memerlukan Auditor WebSite. Buat proyek Anda, pindah ke Struktur situs > Halaman, dan periksa tautan ke halaman terpenting Anda dengan cepat.

 
Mengaudit anchor text  internal

Penting: Anda tidak dapat memisahkan strategi anchor text dari strategi penautan internal atau strategi membangun tautan. Jadi, pastikan Anda membaca panduan luar biasa kami untuk Tautan Internal untuk SEO: Praktik Terbaik 2023 dan 9 Strategi Membangun Tautan yang Kuat.

Cara membuat daftar anchor text untuk penautan internal dan pembuatan backlink

Anehnya, prosesnya mudah:

  1. Kumpulkan halaman yang ingin Anda dorong tautan internal dan eksternal di Rank Tracker. Itu harus menjadi halaman utama Anda - halaman produk dan yang mendorong banyak lalu lintas dan konversi.
  2. Identifikasi kata kunci kunci untuk setiap halaman. Ini adalah anchor text utama Anda.
  3. Diversifikasi Anchor utama Anda dengan sinonim dan istilah yang relevan dan deskriptif dan tuliskan dalam file untuk dibagikan dengan copywriter Anda atau siapa pun yang memperbarui halaman Anda. Berikut adalah contoh sederhana:
anchor text  yang beragam

Kiat tambahan

1. Saat mengerjakan pembuatan tautan, gunakan LinkAssistant. Dengan alat penjangkauan ini, mengelola prospek backlink jauh lebih mudah baik untuk tim maupun profesional SEO solo. Plus, fungsinya memungkinkan Anda untuk menentukan anchor text untuk setiap prospek atau sumber backlink:

spesifying anchor text di LinkAssistant

2. Saat mengerjakan penautan internal, gunakan Auditor Situs Web, terutama alat Visualisasinya. Di sini, Anda dapat memikirkan semua detail interlinking dan menentukan anchor text untuk setiap halaman yang ditautkan:

Menentukan anchor text  untuk penautan internal

 

Dampak pembaruan Spam Tautan Desember 2022

Perjuangan Google melawan manipulasi backlink dimulai dengan algoritma Penguin pada tahun 2012 dan berlanjut hingga hari ini.

Seperti yang Anda ketahui, Google baru saja selesai dengan pembaruan spam tautan lain. Sekarang, Google menggunakan SpamBrain AI untuk mendeteksi tautan yang tidak wajar dan menetralkan efeknya pada hasil pencarian.

Dengan demikian, tautan yang terdeteksi sebagai tidak wajar tidak akan dihitung, tanpa tindakan manual yang diterapkan. Namun, itu tidak berarti Anda tidak akan melihat penurunan peringkat: mungkin agar jika tautan itu membantu Anda sebelum pembaruan, sekarang mungkin tidak lagi membantu Anda menentukan peringkat.

Misalnya, Glenn Gabe membagikan di Twitter konsekuensi dari pembaruan untuk beberapa situs. Dia memperhatikan bahwa tautan yang terpengaruh terutama adalah tautan pencocokan persis yang sangat jelas dan tidak wajar.

Ini tidak berarti Anda tidak boleh menggunakan kata kunci pencocokan persis lagi. Tetapi Anda mungkin perlu lebih berhati-hati dengan tautan. Dan di sini kita kembali lagi ke keragaman anchor text dan tidak adanya isian kata kunci.

Bagian Akhir

Anda dapat dengan cepat memeriksa risiko penalti backlink Anda di SEO SpyGlass (Backlink Profile > Penalty Risk):

Apa itu Anchor Text Optimization

Di dekat setiap halaman backlink, Anda akan melihat risiko penalti dan daftar faktor yang terdeteksi. Pelajari dengan cermat informasi yang diberikan, karena mungkin ada beberapa faktor terkait anchor text.

Ringkasan

Berikut adalah kesimpulan utama dari panduan kami untuk anchor text:

  • anchor text sama pentingnya dengan tautan itu sendiri.
  • Ada banyak jenis anchor text, dan semuanya layak digunakan (kecuali anchor text topi hitam).
  • anchor text harus deskriptif, bebas dari isian kata kunci, dan beragam.
  • Tidak ada skema keragaman anchor text satu ukuran untuk semua, tetapi Anda dapat menemukan salah satu yang akan menguntungkan situs ANDA melalui analisis pesaing atau dengan melihat kebutuhan bisnis Anda.
  • Menggunakan alat SEO PowerSuite akan secara signifikan menyederhanakan pekerjaan pada penautan internal dan pembuatan tautan.


Post a Comment

Komen aneh-aneh tak hapus loh tiap bulan

Lebih baru Lebih lama